Cari Blog Ini

Kamis, 10 November 2011

Hal yang dilakukan agar lulus diterima bekerja


Banyak hal yang perlu dilakukan agar dapat diterima bekerja di suatu tempat yang ingin kita masuki. Disamping itu kita harus mengetahui apa saja sesi-sesi tes jika kita memasuki suatu tempat kerja. Berikut adalah sesi-sesi dalam tes yang mungkin ada jika kita melamar pekerjaan sekaligus cara-cara agar kita lulus pada sesi-sesi tersebut :
1.      Sesi membuat surat lamaran pekerjaan, kita dapat mempersiapkan surat pengantar untuk dikirimkan kepada tempat kita ingin bekerja,supaya surat lamaran kita bagus dan sopan maka ada beberapa saran yang perlu diketahui, diantaranya adalah dengan :
  • Alamatkan surat tersebut kepada personal.
  • Ambil perhatian pembaca pada paragrap pertama dalam surat tersebut.
  • Tampilkan dengan rasa percaya diri, namun tidak orogan.
  • Fokuskan pada prestasi, kepandaian dan kecakapan anda, bukan pada tanggung jawab.
  • Tulis tidak lebih dari satu halaman.
  • Gunakan kata kunci yang berkaitan penting dengan bidang kerja.
2.      Sesi menjawab soal tertulis, tes ini biasanya ada pada setiap sesi saat kita melamar kerja dimanapun, dan didaerah HSU khususnya, banyak yang melamar menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil). Saat menghadapi tes tertulis perlu diketahui hal-hal penting yang ada, diantaranya :
·         Belajarlah, biasakan belajar seminggu atau lebih sebelum tes dilaksanakan agar lebih menguasai pelajaran.
·         Lengkapi perlengkapan untuk tes tertulis seperti pensil, polpen, penghapus, dll.
·         Kuasai hal-hal yang mungkin menjadi pertanyaan saat tes, kita dapat menanyakan soal tes pada orang-orang yang sudah pernah mengikuti tes, karena hal tersebut dapat menjadi gambaran untuk kita mengikuti tes.
3.      Sesi Test Of English As A Foreign Language (TOEFL), dipergunakan untuk mengetahui kemampuan Bahasa Inggris dari calon pekerja. Tes ini dibagi menjadi listening, structure dan reading. Kebanyakan tes ini ada pada bank atau perusahaan-perusahaan besar. Ada tips untuk menghadapi tes ini, kita dapat meningkatkan kemampuan untuk menghadapai TOEFL dengan mengikuti TOEFL short course, misalnya di lembaga Englih First (EF), Real English atau lembaga bahasa inggris lainnya. Belajar TOEFL secara mandiri juga bisa dilakukan dengan membeli buku TOEFL Barron’s, karena di dalam buku tersebut terdapat materi-materi penguasaan TOEFL secara cepat dan mudah, serta dilengkapi dengan tes soalnya dan kunci jawabannya. Yang terakhir adalah menguji kemampuan kita dalam hal TOEFL dengan mengambil tryout di lembaga-lembaga bahasa inggris swasta atau universitas.
4.      Sesi  Tes Bahasa Inggris, Tes Bahasa Inggris relatif lebih mudah dibandingkan dengan tes TOEFL. Hal ini disebabkan karena Tempat kita ingin bekerja hanya bermaksud mengetahui kemampuan dasar bahasa inggris calon pekerja (Pasive-English). Materi Soalnya pun relatif lebih mudah karena hanya structure dan reading. Tips untuk tes ini adalah dengan kita mempelajari pelajaran sewaktu sekolah atau kuliah tentang structure dan tense.
5.      Sesi  Tes psikologi, Tes ini dilakukan untuk melihat sejauh mana kepribadian dari calon pekerja. Dalam tes ini tidak ada istilah benar atau salah, yang ada hanyalah kesesuaian terhadap kebutuhan atau posisi spesifikasi jabatan yang ditawarkan. Tempat kerja membutuhkan pegawai dengan spesifikasi : jujur, disiplin, cerdas, kreatif dan luwes. Sebaiknya kita selalu bersikap jujur dan menyenangkan agar dapat diterima bekerja pada tempat kerja yang kita masuki.
6.      Sesi  Tes wawancara, tes ini juga banyak dilakukan dan biasanya banyak yang gugup menghadapi tes ini karena langsung berhadapan dengan para selektor pekerja. Meskipun rasa gugup mungkin akan muncul, namun tetaplah bersikap tenang, selalu utarakan keunggulan kita dalam perusahaan. Usahakanlah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan terkait pengalaman kerja kita dengan tepat, spesifik, jelas, dan seantusias mungkin. Ungkapkan kelemahan kita sebagai sesuatu yang positif. Serta hindari kata-kata “ehm” atau “uh” yang biasa digunakan saat gugup, cobalah untuk diam sejenak saat gugup atau kehabisan kata-kata.
7.      Sesi  Tes Kesehatan, Tes Kesehatan dipergunakan untuk mengetahui kebugaran calon pekerja terhadap penyakit maupun narkoba. Tes ini terdiri atas tes darah, tes tekanan darah, tes buta warna dan tes urine. Sebaiknya persiapkan diri kita terlebih dahulu sebelum tes dengan berolahraga , jauhi makan berkolesterol dan cukup istirahat. Bagi anda yang merokok ada baiknya anda menguranginya walau untuk sementara waktu.
8.      Selebihnya kita dapat berusaha sebaik mungkin, jangan mudah menyerah dan selalu berdo’a agar dapat diterima bekerja.